Kunjungan ke KRATON RATU BOKO

Pada tanggal 23 Desember 2011 saya sempat mengunjungi “Candi” Ratu Boko. Mengapa? Saya tertaik mengunjungi situs ini karena membaca berbagai resensi dan juga sempat melihat satu video tentang tempat ini.

Saya sendiri membuat satu rekaman dari  kunjungan ini dan meng-uploadnya ke Youtube:

Saya merasa bahwa kunjungan itu sangat memberi kesan kepada saya karen cukup memberikan peluang bagi daya imajinasi saya bagaimana kiranya penampakan keraton ini 1200 tahun lalu.

Dibawah ini saya sajikan keping2 hasil scanning saya dar brosur yang saya dapat dari meja resepsionis setempat.

Brosur Ratu Boko 01
Brosur Ratu Boko 01

Semoga tampilan di website ini cukup jelas, jika tidak yah, silakan Anda mengunjungi sendiri situs ini.

Bosur Ratu Boko 02
Bosur Ratu Boko 02

Gambar diatas yang berupa editing  kiranya ingin memberikan kesan akan mistik yang dapat dirasa oleh orang yang memang memiliki kepekaan untuk itu. Bagi saya sendiri segi pandang historis paling penting.

Sejarah penemuan Situs Ratu Boko
Sejarah penemuan Situs Ratu Boko

Brosur juga memperlihatkan peta lokasi dan sedikit mengenai sejarah situs ini:

Sumber prasasti dan keterangan lain
Sumber prasasti dan keterangan lain

Tentunya keterangan lebih lengkap dalam berbagai bahasa dapat diperoleh dilain tempat, misalnya yang dalam bahasa Inggeris ada di Wikipedia

Atau juga satu sumber lain yang memberikan keterangan turisti di (ma’af bahasa Inggeris lagi) :  Kraton Ratu Boko

Ternyata sya temukan satu file dengan foto2 yang dibuat oleh putera kedua saya Rano Sugandi. Saya buatkan dari foto2 ini satu slide show yang dapat dilihat dibawah ini:

 

Leave a Reply

